Tema 5 : PENGALAMANKU
Subtema 1 : Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran 1
• Membedakan ketukan cepat dan lambat sebuah lagu melalui gerak tubuh
• Menyebutkan bunyi sila ke-2
• Menyalin kalimat pujian
• Membuat kalimat pujian berdasarkan pengalaman
Sikap: Disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
1. Pengetahuan :
• Tempo sebuah lagu
• Pancasila sila ke-2
• Ungkapan pujian
2. Keterampilan :
• Membedakan ketukan lambat dan cepat sebuah lagu melalui gerak tubuh.
• Membuat ungkapan pujian.
Rangkuman Tema 5 : Subtema 1 || Pembelajaran 1
1. Bermain bersama teman.
2. Pergi ke sekolah diantar ibu atau ayah.
3. Belajar bersama teman dibimbing bu guru.
4. Tertawa saat digoda kakek dan nenek.
5. Masa kecil sangat menyenangkan.
6. Kasih sayang ayah, ibu, kakek, dan nenek sangat besar.
7. Kita harus menyayangi dan menghormati mereka.
8. Udin mengenang pengalamannya bersama teman.
9. Saat itu mereka berkumpul di rumah Dayu.
10. Mereka mendengarkan lagu sambil bergerak.
11. Jika ketukan lagu lambat, mereka bergerak lambat.
12. Jika ketukan lagu cepat, mereka bergerak cepat.
13. Mereka bergerak bergantian dan saling memuji.
14. Lagu pertama adalah “Bunda Piara”.
15. Udin bergerak mengikuti irama.
16. Udin bergerak lambat dan cepat.
17. Teman-teman Udin bertepuk tangan.
18. Mereka bersorak memuji Udin.
19. Contoh kalimat ujian “Bagus, Udin” , “Hebat, Udin”
20. Lagu Bunda Piara Ciptaan Pak Dal (Daljono)
21. Lirik lagu Bunda Piara :
Bila kuingat lelah ayah bunda Bunda
piara piara akan daku
Sehingga aku besarlah
Waktuku kecil hidupku Amatlah senang
Senang dipangku dipangku dipeluknya
Serta dicium dicium dimanjakan Namanya kesayangan
22. Lagu kedua adalah “Burung Kakaktua”.
23. Edo bergerak mengikuti ketukan lagu.
24. Jika ketukan lambat, Edo bergerak perlahan.
25. Jika ketukan cepat, Edo bergerak lebih cepat.
26. Burung Kakaktua Ciptaan NN
27. Lirik lagu Burung kakaktua :
Burung Kakaktua
Hinggap di jendela
Nenek sudah tua
Giginya tinggal dua
Tek dung Tek dung Tek dung La la la (3x) Burung kakaktua
28. Cepat atau lambat ketukan pada lagu disebut tempo.
29. Jika teman melakukan hal baik, kita boleh memuji.
30. Memuji membuat orang lain senang.
Memuji bisa jadi semangat.
31. Tuliskan Ungkapkan pujianmu dengan baik dan benar :
• Bagus sekali gerakanmu Edo
• Udin suaramu merdu sekali
• Nyanyianmu bagus sekali
• Gerakanmu lincah sekali.
32. Siti senang mengamati gambar burung garuda.
33. Gambar tersebut ada di dinding kelas.
34. Burung itu terlihat gagah sekali.
35. Di dadanya ada perisai.
36. Perisai berisi 5 gambar berbeda.
37. Rantai mirip dengan kalung.
38. Rantai adalah simbol sila kedua.
39. Sila kedua berbunyi ”KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB”
40. Sila ke-1 berbunyi "KETUHANAN YANG MAHA ESA"
41. Sila ke-2 berbunyi "KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB"
42. Sila ke-3 berbunyi "PERSATUAN INDONESIA"
43. Sila ke-4 berbunyi "KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN
DALAM PERMUSYAWARATAN/ PERWAKILAN"
44. Sila ke-5 berbunyi "KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA"
45. Susun potongan kata berikut menjadi bunyi sila ke-2 Pancasila.
• adil dan yang beradab Kemanusiaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar